YANG HOT KLIK DI SINI

Kamis, 11 November 2010

Pesona Abadi Gunung Semeru

Pesona Abadi Gunung Semeru

Pemandangan dari Puncak Semeru. (ARUM TRESNANINGTYAS DAYUPUTRI)***

Kabut tipis menyelimuti deretan tenda pendaki yang berjajar rapi di pinggir Danau Ranu Kumbolo, Minggu (15/8). Sang surya perlahan bergerak meninggi, menghangatkan pagi yang beku. Bayangan pohon pinus dan cemara yang berbaris rapi di sekeliling danau terpantul sempurna pada permukaan air yang mengilap diterpa matahari. Langit biru yang tersapu awan putih seakan turut becermin di permukaan danau, membuat semesta tampak dekat menyatu dengan permukaan air.

Danau yang menyerupai mangkok besar di ketinggian 2.700 meter di atas permukaan laut tersebut merupakan lokasi persinggahan pendaki dalam perjalanan menuju puncak Mahameru. Bermalam di Ranu Kumbolo, mampu menghapus lelah perjalanan panjang pendaki dari Desa Ranu Pane. Keindahan danau berwarna biru kehijauan tersebut mampu memberi energi tambahan untuk melanjutkan pendakian ke puncak Semeru.

Gunung Semeru adalah gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut. Kawah di puncak Gunung Semeru dikenal dengan nama Jonggring Saloko. Posisi gunung ini terletak di antara wilayah administrasi Kabupaten Malang dan Lumajang, dengan posisi geografis antara 8°06' LS dan 120°55' BT.

Pesona Mahameru mengundang banyak pendaki untuk datang, baik dari pendaki lokal maupun asing. Bahkan, Arya Cahya, seorang bocah berusia 5 tahun, pun bersemangat untuk mendaki Gunung Semeru, didampingi keluarganya. (Arum Tresnaningtyas Dayuputri)***

Source : Kompas, Minggu, 24 Oktober 2010 | 04:02 WIB

0 komentar:

Posting Komentar

 

TRANSLATE/TERJEMAH BAHASA

My Blog List

Site Info

Followers

LINGKUNGAN GLOBAL Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template