YANG HOT KLIK DI SINI

Senin, 03 Mei 2010

Anak Gunung Rinjani di Lombok Meletus Lagi

GUNUNG BERAPI

Anak Gunung Rinjani di Lombok Meletus Lagi

MATARAM - Gunung baru, anak Gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat, meletus lagi. Pendakian pun hanya diperbolehkan sampai Pelawangan di Desa Sembalun Bumbung, Lombok Timur, dan Desa Senaru, Lombok Utara, tiga jam perjalanan ke Danau Segara Anak, kaldera Rinjani.

Letusan pertama terjadi Jumat (30/4) sebanyak empat kali, amplitudo 53 mm dengan menyemburkan asap letusan sekitar 1.600 meter ke arah utara. Pada Minggu pagi kemarin, aktivitas magmatik gunung berketinggian 2.376 meter di atas permukaan laut itu cenderung menurun. Aktivitasnya pada pukul 00.00-06.00 Wita ditandai oleh gempa satu kali dengan amplitudo 10 mm.

”Kondisinya masih fluktuatif, dengan jarak letusan tiap 6-12 jam,” tutur Mutaharlin, petugas Pos Pengamat Gunung Api Rinjani di Desa Sembalun Bumbung, Lombok Timur.

Mengingat risiko bahayanya, pendakian ke puncak Rinjani dan Danau Segara Anak untuk sementara dilarang. Menurut Heryadi Rahmat, geolog dan pengamat gunung api, dalam beberapa dasawarsa terakhir, material letusan Rinjani mencapai jarak jauh hingga ke kawasan danau. Status waspada ditetapkan sejak Agustus 2009.

Namun, Sukrati, petugas loket pendakian Gunung Rinjani di Desa Senaru, mengatakan, pendakian ke Pelawangan tetap berjalan. Minggu pagi tercatat 16 wisatawan asal Perancis, Belanda, dan Australia yang naik. Sehari sebelumnya ada 18 wisatawan Hongaria, Perancis, dan Selandia Baru yang mendaki hingga ke Desa Senaru. (RUL/Kompas)***

Source : Kompas, Senin, 3 Mei 2010 | 04:26 WIB

0 komentar:

Posting Komentar

 

TRANSLATE/TERJEMAH BAHASA

My Blog List

Site Info

Followers

LINGKUNGAN GLOBAL Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template