YANG HOT KLIK DI SINI

Minggu, 31 Januari 2010

Pemerintah Didesak Untuk Tertibkan Investasi yang Merusak Lingkungan

KESEJAHTERAAN

Tertibkan Investasi yang Merusak Lingkungan

MANADO - Pemerintah didesak menertibkan berbagai bentuk kegiatan, terutama arus investasi ke wilayah timur dan tengah Indonesia, yang telah merusak lingkungan dan budaya lokal serta memurukkan kesejahteraan masyarakat. Lebih dari enam dasawarsa, dua kawasan itu terus dijarah dan dirusak dengan berbagai produk kebijakan, program, dan kegiatan yang tidak melalui mekanisme kontrol masyarakat lokal.

Demikian isi resolusi dari Simposium Indonesia Timur dan Tengah yang berlangsung di Manado, Sulawesi Utara, sejak Rabu hingga Jumat (27-29/2). Resolusi yang disebut Resolusi Lotta ini ditujukan kepada pemerintah.

Semua jejaring yang mengikuti simposium serta Aliansi Nasional Bhinneka Tunggal Ika, terutama di 17 provinsi di kawasan timur dan tengah, bertekad mengawal resolusi ini. Resolusi ditandatangani pimpinan simposium, Tamrin Amal Tomagola dan Emmi Sehertian.

Tamrin menilai, ada banyak produk hukum dan perundang- undangan serta berbagai kebijakan yang secara nyata semakin meminggirkan, menghalangi, bahkan memurukkan tingkat kesejahteraan rakyat di dua kawasan ini. Agresi modal menyebabkan tanah, air, dan udara terus dijarah dan dirusak.

”Bahkan, tatanan asli kehidupan sosial yang beragam, struktur dan sistem pemerintahan tradisional, serta dunia spritual-religius lokal yang eksistensinya telah berabad-abad diporakporandakan oleh lembaga formal modern yang dipaksakan dari luar kawasan timur dan tengah,” kata Tamrin. (ren)***

Source : Kompas, Sabtu, 30 Januari 2010 | 02:41 WIB

0 komentar:

Posting Komentar

 

TRANSLATE/TERJEMAH BAHASA

My Blog List

Site Info

Followers

LINGKUNGAN GLOBAL Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template