YANG HOT KLIK DI SINI

Rabu, 30 Desember 2009

Gerhana Bulan Sebagian Terjadi pada Malam Pergantian Tahun

Polisi dan petugas medik memberikan pertolongan kepada korban pingsan dalam simulasi pengamanan perayaan malam Tahun Baru di Pantai Carnaval, Ancol Taman Impian, Jakarta, Selasa (29/12). Simulasi ini diikuti polisi, satuan polisi air, Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara, dan petugas keamanan Ancol. Sekitar 2.000 personel keamanan akan dikerahkan untuk mengamankan kawasan Ancol. (Foto : Kompas/ Totok Wijayanto)***

Waspadai Hujan dan Banjir

Gerhana Bulan Sebagian Terjadi pada Malam Pergantian Tahun

JAKARTA - Gerhana bulan sebagian diperkirakan terjadi pada malam pergantian tahun 2009 ke tahun 2010. Peristiwa ini akan menyebabkan air laut pasang di beberapa wilayah, seperti Jakarta. Akibatnya, apabila malam itu turun hujan lebat, banjir akan terjadi.

Kepala Pusat Pemanfaatan Sains Atmosfer dan Iklim pada Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaludin, Selasa (29/12) di Jakarta, menyatakan, gerhana bulan sebagian di wilayah Indonesia bagian barat dapat dilihat pada 1 Januari 2010 mulai dari pukul 01.53 sampai 02.53.

Pada 15 Januari 2010 juga akan terjadi gerhana matahari cincin yang juga merupakan gerhana matahari sebagian.

Secara terpisah, Kepala Subbidang Informasi Meteorologi pada Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Hary Tirto Jatmiko menyatakan, saat gerhana bulan sebagian terjadi, wilayah Jakarta dan sekitarnya diperkirakan akan diguyur hujan lebat mulai dari siang hingga malam atau dini hari.

Adapun wilayah Indonesia lainnya, berdasarkan prakiraan mingguan BMKG yang berlaku mulai dari 29 Desember 2009 hingga 4 Januari 2010, akan diguyur hujan ringan dan sedang.

Puncak

Menjelang libur malam pergantian tahun, di jalan raya Puncak, Bogor, diberlakukan sistem buka tutup untuk mengurai kemacetan panjang.

Sepanjang Selasa siang, kemacetan panjang terlihat selepas Gerbang Tol Ciawi menuju Puncak. Kemacetan parah terjadi di titik-titik tertentu, seperti di pintu masuk Taman Safari Indonesia dan di Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor.

Jumlah kendaraan yang melintas di Gerbang Tol Ciawi menuju Puncak juga terus meningkat sejak liburan Natal. Data dari PT Jasa Marga menunjukkan, pada Minggu (27/12) kendaraan yang melintas 47.686 unit. Pada Senin (28/12) jumlahnya menjadi 48.608 unit. Pada Selasa jumlahnya diperkirakan meningkat.

Kemacetan di jalur Puncak justru menjadi peluang bagi sejumlah tempat penginapan di daerah itu untuk menggaet pengunjung. Sebab, menurut Executive Assistant Manager Hotel Prioritas Helina Aviani, kendaraan yang terjebak macet dapat memutuskan menginap di tempat terdekat.

Marketing Manager Taman Safari Indonesia I Asep Firmansah menambahkan, kemacetan di Puncak menunjukkan bahwa kawasan tersebut masih diminati wisatawan. Buktinya, semua kamar penginapan di Taman Safari habis dipesan.

Ancol

Sementara itu, sekitar 2.000 polisi dan 325 petugas keamanan telah siap mengamankan malam Tahun Baru di kompleks Ancol Taman Impian. Sebanyak 312.000 orang diperkirakan akan memadati tempat wisata tersebut.

Wakil Kepala Kepolisian Resor Metro Jakarta Utara Ajun Komisaris Besar Suherman Febriyanto mengatakan, polisi yang bertugas mengamankan Ancol adalah gabungan dari Kepolisian Daerah Metro Jaya dan Kepolisian Resor Metro Jakarta Utara.

”Pengamanan akan diperkuat di pintu-pintu masuk,” ucap Suherman, kemarin, seusai acara simulasi pengamanan perayaan malam Tahun Baru di sekitar Pantai Carnaval, Ancol.

Polisi juga akan ditempatkan di pusat-pusat perayaan malam Tahun Baru, yakni Panggung Pantai Carnaval, Panggung Pantai Festival, Pasar Seni Ancol, Pantai Indah, dan beberapa mal.

Dari Bali diberitakan, pada malam pergantian tahun nanti jalan menuju Pantai Kuta akan ditutup untuk kendaraan. Penutupan dilakukan selama sembilan jam yang dimulai sekitar pukul 16.00 Wita.

Kepala Kepolisian Daerah Bali Inspektur Jenderal Sutisna menyatakan, penutupan dilakukan karena, seperti tahun-tahun sebelumnya, ribuan pengunjung akan memadati Pantai Kuta pada malam Tahun Baru hingga keesokan harinya. Tepat pada saat pergantian tahun, mereka akan beramai-ramai menyalakan kembang api sambil meniup terompet sebagai tanda datangnya tahun yang baru. (NAW/ELD/YOP/WIE/AYS)***

Source : Kompas, Rabu, 30 Desember 2009 | 03:10 WIB

0 komentar:

Posting Komentar

 

TRANSLATE/TERJEMAH BAHASA

My Blog List

Site Info

Followers

LINGKUNGAN GLOBAL Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template