YANG HOT KLIK DI SINI

Rabu, 30 Desember 2009

Kota Palembang Dipastikan Terancam Bencana Banjir

LINGKUNGAN

70 Persen Rawa Hilang di Palembang

PALEMBANG - Sekitar 70 persen dari 22.000 hektar rawa di Palembang beralih fungsi menjadi perumahan. Kota Palembang dipastikan terancam bencana banjir.

Berdasarkan data Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Palembang, luas rawa tinggal 7.500 hektar. Jika lingkungan tidak direhabilitasi dan pengurukan rawa tidak dihentikan, Walhi khawatir sebagian besar Kota Palembang akan tergenang air di musim hujan.

Dari pantauan, Selasa (29/12), sebagian besar rawa di sepanjang Jalan Soekarno-Hatta, Sukarame, Alang-alang Besar, Palembang, sudah menjadi perumahan, pertokoan, dan perkantoran. Kondisi serupa terjadi di kawasan rawa Jalan Abi Kusno, Kertapati, Palembang. Daerah itu menjadi langganan banjir dalam beberapa tahun terakhir.

Bahkan, banjir di lingkungan RT 33 di Jalan Abi Kusno, pekan lalu, baru surut dalam waktu empat hari. Semakin berkurangnya rawa yang berfungsi sebagai resapan air mengancam Palembang. Sejumlah wilayah di kota itu kini mudah kebanjiran.

”Fakta ini sangat ironis. Pemkot Palembang tidak mampu melestarikan potensinya,” kata Direktur Walhi Palembang Anwar Sadat. Dia menyatakan, Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2008 tentang Pembinaan dan Retribusi Pengendalian serta Pemanfaatan Rawa justru membuka celah konversi rawa.

Dalam perda, perusahaan berhak mengelola usaha di kawasan rawa hanya dengan membayar retribusi. Walhi mendesak Pemerintah Kota Palembang merevisi perda itu. Walhi meminta Pemkot memasukkan rawa sebagai kawasan konservasi.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pengelolaan Sumber Daya Air Kota Palembang Kira Tarigan mengatakan, usulan menjadikan rawa sebagai kawasan konservasi sudah diajukan sejak pertengahan tahun lalu. Saat ini, pembahasan sedang dilakukan oleh tim dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Palembang. Banjir juga makin parah setelah perkebunan kelapa sawit bermunculan setahun belakangan. (RIZ)***

Source : Kompas, Rabu, 30 Desember 2009 | 04:00 WIB

Top of Form

Bottom of Form

0 komentar:

Posting Komentar

 

TRANSLATE/TERJEMAH BAHASA

My Blog List

Site Info

Followers

LINGKUNGAN GLOBAL Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template